Tuesday, October 29, 2013

Naek apa dari Bali ke Lombok dan 3 gili ?????

Nahhh kisah ini bermula ketika saya iseng browsing tiket promo a*r a**ia  pada suatu malam.
Berkat keisengan tersebut tiba-tiba dapatlah saya tiket promo lumayan murah sekitar 800rb rupiah pp dari bandung ke bali untuk berdua. Berhubung sudah penat pula dengan segala kesibukan sya memutuskan dengan sepihak bahwa kita akan berangkat ke bali (tanpa persetujuan suami). Alhasil kepergian mendadak ini disambut dengan kurang antusias karena tidak ada persiapan biaya untuk jalan2. Hahaha..
Berhubung kami berdua kurang menyukai suasana hiruk pikuk bali dengan segala keriweuhannyahhhh maka kami putuskan untuk segera lanjut ke gili trawangan via lombok. Dan setelah bingung mencari berbagai alternatif transportasi via internet dengan hasil nihil. Akhirnya kita berangkat dengan hanya bermodalkan tekad selama masih bisa "ngomong" pasti bakal nyampe. Maksudnya "ngomong" adalah usaha nanya2 sama orang di tkp.
Berangkatlah pada hari H dengan flight sekitar jam 7 malem kurang dan yang pasti baru landing di bali jam 11an malem.
Sampai di bali kita galau, apa mau nginep apa langsung lanjut,,  tadinya kita niat buat carter mobil dari bandara langsung ke pelabuhan padang bai, biaya carter antara 200-300rb untuk 3 jam, estimasi 3 jam carter cukup banget buat ke pelabuhan padang bai yg hanya berjarak sekitar 1-1,5 jam dari bandara ngurah rai. tapi ternyata uda kemaleman jadi mobil uda ga bisa keluar kalo ngedadak, kecuali kalo uda booking sebelumnya. akhirnya sambil jalan sambil makan lontong bekel dr rumah dan sambil mikir tau2 uda diluar bandara ngurah rai aja, akhirnya kita putusin buat nginep dulu aja trus baru berangkat besok pagi karna ini uda kemaleman.
Kita langsung stop taxi pertama yg lewat (bl*b*rd) dan kita minta anter ke hotel sekitar popies biar murah meriah, di jalan kita nanya2 pa supir kira2 naek apa ke padang bai, eehhhhh pa supir langsung nawarin gimana kalo naek taxi aja, kata dia pake argo paling juga 250rb. Kita itung2 ga jauh beda ama carter mobil, dan hemat biaya hotel pastinya. Akhirnya kita setuju dan taxi langsung meluncur. Begitu sampai argo menunjukan angka 250rb kurang. Karna supirnya baik banget kita tambahin 25rb. Total kita bayar taxi 275rb. Masih on budget lah.
Kita uda tau banget kalo fery nyebrang lombok itu 24jam jadi kita seloww aja nyampe padang bai sekitar jam 1 malam, langsung beli tiket fery. Tapi lupa harganya (maafffff) sekitar 31rb sampe 37rb lahh per orang kalo ga salah. Pastinya ga lebih dari 40rb. Beli 2 tikett. Ternyata kapal masih parkir dan belum dibuka. Antri sekitar setengah jam. Setengah jam kemudian kita naek dan ngambil posisi di tengah yang lesehan. Disitu kita nyewa kasur 25rb. Kapal brangkat sekitar jam setengah 2 pagi. Begitu kapal brangkat langsung dehhh tidurr.
Sampe di pelabuhan jam setengah 6, disitu bnyk bgt yg nawarin carter mobil ke pelabuhan bangsal.  Dan harganyaaaa mahal tidak main2. Paling murah nawarin kita 125rb per orang (blm ditawar). Padahal klo naek umum jauhhhhh lebih murahhh.
Kita memutuskan buat naek angkot umum 10rb ke mataram, jarak tempuh sekitar 1,5jam. Dilanjut angkot ke pelabuhan bangsal 12rb/orang. Jarak tempuh sekitar 2 jam.
Sampai terminal bangsal naek cidomo 5rb/orang menuju pelabuhan.
Beli tiket perahu di loket resmi pelabuhan 10rb/orang menuju gili air. Tadinya kita rencana ke gili trawangan tapi teryata dijalan diajak akamso (anak kampung sono) ke gili air, katanya gili air lebih okeyy,, dan berhubung uda bosen ke trawangan jdilah kita meuju gili air.
Di gili air kita stay selam 6 hari.  emang nyaman banget sampe betah ga mau pulang. Dan kita dikasi tau buat naik fast boat aja ke bali, soalnya itu jauuuuhhhh lebih cepettt. Cuma 1 jam ke padang bai dari gili air. Dri padang bai uda disedianin shuttle bus ke kute. Akhirnya karena kita pikir2 cape juga ngeteng angkot kita putuskan buat naek fast boat dengan harga super fantstisssss. Kita naek ek* jay* fast boat menuju kuta hanya dengan 250rb/org. Padahal normal price nya 610rb/org. Dengn penawaran yg cukup gigihhhhhh alhamdulillah dapet murah. Worthied banget. Cepat nyaman dan murah.

Berikut rangkuman alternatif transortasi bali -lombok-3gili.
1.fast boat, Bali (kuta, denpasar, ubud) - gili trawangan, gili air, gili meno pp/one way.
Biaya 250rb- 650rb. Tergantung jago nawar atau ngga.
Dijemput/diantar ke 3 lokasi pilihan di bali menuju tiga gili.
Dari bali jam 6 pagi di lokasi penjemputan, menuju pelabuha padang bai dengan shuttle bus.
Dr padang bai langsung ke 3 gili. Waktu tempuh total sekitar 3jam.
Bisa langsung berangkat dr padang bai, ada 2 jadwal jam 9 pagi dan jam 3 sore.
Tiket bisa dibeli langsung di agen fast boat sekitar kuta-legian atau di pelabuha padang bai.
Tiket bisa dibeli pp atau one way. Atau pp tapi untuk pulang open date.
Dari 3 gili tiket dijual di agen penjualan yg tersebar di seluruh pulau.
Jadwal dr 3 gili jam 10 pagi  dan jam 3 sore.

2. di agen yg sama jualan fast boat suka ada shuttle bus  dari bali ke gili pp. naek fery harganya 180rb-250rb  blm ditawar. Blm pernah nyoba jg sih. Soalnya sama aja lama. Beda dikit waktunya sama ngeteng angkot degan biaya lebih murah klo ngeteng.

2. Carter mobil sewaan di bali ke padang bai. Biaya antara 200rb-350rb. Mobil sewaan banyak di bandara dan daerah sekitar kuta legian.

3. Naek taxi ke padang bai. Sekitar 250rb.

4. Naek angkutan umum dari terminal ubung ke padang bai. Ini uda lama banget sekitar 2009 harganya sekitar 10rb - 20rb.

5. Naek bis malem ke mataram antara 90rb-130rb uda termasuk tiket fery.

6. Naek fery padang bai- pelabuhan lembar. Antara 31rb-37rb. Waktu tempuh 4-6jam tergantung keadaan ombak.

7. Lembar - bangsal carter mobil 350rb-700rb. Tergantung jago nawar apa ngga.

8. Naek shuttle bus gelap (sama kaya mobil carter tp itungannya per orang) 125rb-250rb/orang.

9 ngeteng angkot. Lembar mataram 10rb (ditawar, nawarinnya 30rb, harga asli 5rb, tp jarangg bgt busa dpt goceng klo turis) mataram-bangsal 12rb (ga usah pake nawar uda harga stndar)
Di mataram berenti di terminal mataram.

12. Kalo hoki dapet taksi ke bangsal bisa cuma 250rb. Tp jarang banget soalnya itu uda jatah tukang carter mobil.

10.cidomo 5rb/orang  (harga flat).

11. Perahu nyebrang (harus beli di loket resmi, klo dicalo wasalam dehhh )
Bangsal - trawangan 12rb, bangsal -air 10 rb, bangsal - meno 8rb. Tersedia jam 8 sampai jam 4 sore. Diluar itu harus carter sekitar 250-350rb.

Yahh sekiann alternatif transportasi dari bali - lombok - 3gili pp
Berdasarkan pengalaman beberapa kali perjalanan yang semuanya pake berbagai macam alternatif alias beda2 mulu tiap berangkat. Semoga bermanfaat. :)


No comments:

Post a Comment